Jumat, 22 September 2017

Kawat Seling Baja



Kawat seling baja adalah kawat yang terbuat dari material baja yang sangat kuat. Secara konstruksi dibuat dari sejumlah tali kawat yang dibelit bersama-sama untuk membentuk strands. Biasanya ada 6 strands pada satu kawat seling baja dan pada inti lilitan terdapat inti lilitan yang terdapat pelumasnya. 



Perhatikan gambar kawat seling baja dibawah ini:






Pada gambar kawat seling baja diatas, bisa dilihat bahwa wire adalah bagian terkecil dari kawat seling baja, wire ini lalau dililitkan dengan jumlah wire tertentu, sehingga membentuk strand. Kemudian strand dililitkan kembali, mengelilingi lilitan inti atau core. Ada beberapa konstruksi persilangan arah lilitan yang berbeda. Tipe No. 3, 4 dan 6 yang biasanya digunakan, lihat gambar di bawah.



            Lilitan kawat seling baja dapat bermacam macam jumlah dan mempengaruhi kekuatannya, bisa dilihat pada gambar diatas, adanya perbedaan jumlah wire, maupun jenisnya.  Kawat seling baja yang arah lilitan strands-nya berlawanan dengan basic wire disebut Regullar Lay Rope, sedangkan wire rope yang arah lilitannya searah dengan yang lain disebut Lang Lay Rope. Seperti yang terlihat pada gambar di bawah, arah dari lilitan wire untuk strands disebut lilitan “Z” atau “S”. Yang paling populer adalah lilitan Z.






Diameter dari kawat seling artinya diameter lingkaran penuh dari kawat seling baja. Satuan diameter adalah mm (mili meter), pengukurannya adalah rata-rata dari dua pengukuran yang berbeda yang diambil dari tempat yang berjarak lebih dari 1,5 m dari ujung kawat seling. Toleransi yang diizinkan adalah +7~0%. Industri kawat seling adalah industri yang berkinerja tinggi, dan beroperasi dengan pengetahuan dan sains. Karena memang produk kawat seling baja sangat berguna pada industri umum dan konstruksi, pertambangan, minyak dan gas, perikanan dan kelautan, kehutanan, serta untuk aplikasi pada bidang militer. Pada produksi kawat seling terdapat sistem manajemen mutu pada tiap tiap industri kawat seling, juga terdapat berbagai spesifikasi internasional, termasuk ISO 9001 dan API -9A & Q1. Sehingga pelanggan di seluruh dunia mengenali nilai produk kawat seling yang berkualitas. Dan suatu tuntutan wajar jika tim profesional dalam industri kawat seling ini, harus bisa menyediakan produk kawat seling baja dengan kinerja terbaik, untuk para pelanggan dengan tingkat pelayanan tertinggi.


Kawat seling baja harus tahan lama, serta dapat diandalkan, karena kawat seling dibuat untuk melakukan tugas lifting (mengangkat) beban berat. Ada terdapat banyak jenis dan macam kawat seling. Perlu diingat kembali bahwa kawat seling baja adalah alat bantu angkat khususnya untuk mengangkat barang yang besar dan berat untuk digunakan diberbagai industri. Ciri khusus dari banyak jenis seling adalah suatu hal yang pasti jika salah satu dan atau kedua ujungnya diterminasi atau dibuat mata, hal ini dibuat sebagai sarana untuk mengaitkan aksesoris kepada seling dan juga untuk membantu aplikasi pengangkatan seperti Hook, dan Masterlink. Jenis kawat seling, memang dibuat menjadi berbagai macam jenis tergantung pada fungsi, kondisi lapangan dan aplikasi kawat seling tersebut, karena beberapa industri memang menggunakan kawat seling dengan cara ataupun spesifikasi yang berbeda. Jenis kawat seling baja yang digunakan dalam berbagai industri, antara lain adalah Wire Rope Sling, Chain Sling, Webbing Sling, dan Round Sling. Semua jenis kawat seling ini pengunaannya dapat di kombinasikan dengan aksesoris untuk memudahkan pekerjaan di berbagai industri yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar